18 Juni 2010

MABA, PEMINATAN, DAN SKRIPSI

Bismillah

Maba, Peminatan, dan Skripsi

Maba, peminatan, dan skirpsi untaian kaa-kata tersebut akhir-akhir ini selalu melantun di gendang telingaku. Maba, singkatan dari mahasiswa baru istilah yang bagiku asing, itu dulu 11 bulan 12 hari yang lalu, kini gelar maba harus kulepas dan tanggung jawab baru menungguku. Yupp, sekarang kami angkatan 2009 harus menyinsingkan lengan baju, (jiah..kayak mau ngapain aja) untuk mempersiapkan proses penyambutan mahasiswa baru 2010. Apalagi di Farmasi ada kebiasaan (legal loh..) turun temurun dari zaman baholak yaitu kegiatan Mabim (masa bimbingan). Mabim itu istilahnya jang pedekate antara sesama angkatan 2010 dan dengan angkatan 2009, di Farmasi suasana kekeluargaanya kelihatan banget, terbukti dengan adanya penyatuan hubungan secara sah antara individu-individu 2009 dengan 2010 (emang pernikahan?) yang diwujudkan dalam istilah kakak-adek (Kadek). Nah untuk ke jenjang tersebut Maba Farmasi harus menunjukan kekompakan 1 anggkatan dan chemistry gitu dengan angkatan atas, wong mau ngelamar jadi kakak asuh kan kudu tahu siapa emaknya, neneknya ama buyutnya, (temu keluarga gitu) asik deh, jadi ada keluarga anggkat gitu di Farmasi dan lu engga akan ngerasa sendirian.


Peminatan, thanks buat Kak Nju, Kak Sam, dan Kak Achan yang telah membuat kata ini menjadi bayang-banyang di pikiran gw. Berawal dari kebingungan Kak Nju dalam memilih peminatan antara Industri atau pelayanan, apasih maksudnya? Di Farmasi tuh peminatannya terbagi 2; pelayanan yang rumah sakit, komunitas yang katanye kuliahnya bak di surga tapi ujiannya bak di neraka itu (kayak pernah ke sana aje..sok tahu..hihi) lumayan susah hanya orang-orang tertentu aja kayak Kak Jeany (Kakak yang baik, pintar dan manis ituloh..hehehe) terus kayak Kak Sam (Kakak yang,..yang apa ya?), di pelayanan lebih difokuskan dengan bagaimana reaksi obat di dalam tubuh, pelajarannya seperti famakoterapi, asuhan kefarmasian (Pharmaceutical Care), nilai anatomi fisiologi manusia, farmakologinya harus bagus. Kalu di Industri yang dipelajari lebih ke bentuk sediaan obat yang lebih efisien, nyaman dan sesuai dengan kebtuhan, kebalikan dari pelayanan, peminatnya lebih banyak terus katanya..katanya..kate siape? Duitnya lebih banyak (Money: Mode on). Apapun pilihannya asal lu profesional pasti rezeki ada aja, gw bakal milih peminatan berdasarkan kecocokan, dan kemampuan gw, tunggu pilihanku di semester 5,hehehehe...

Skripsi, denger kata ini jadi berminat untuk mulai penilitian sejak dini, dan dari omongan kakak-kakak sekalian seperti Kak Dira, Kak Chiro dan kak Yos sepertinya saya berminat untuk meneliti tentang hal-hal yang berhubungan dengan Fitokimia...apa mungkin Fitofarset? kan seru tuh menemukan zat-zat/ senyawa aktif di tumbuhan yang bisa dimanfaatkan buat sediaan farmasi, mau cari-cari ide ah... Oh ya gw jelasin secara singkat ya salah satu penelitian Kakaknya. Kak Dira, ia meneliti tentang imunostimulan, Imun artinya pertahanan tubuh, stimulan: pestimulasi, pembangkit jadi imunostimulan adalah zat yang mampun meningkatkan/ menstimulasi antibodi. Nah tanaman yang diuji adalah pegagan dan rosella, kan rosella lagi r daun sebagai obat yang dapat meningkatkan antibodi, bener ga sih, dan berapa besar nilai keefektivannya hal itu yang diteliti oleh Kak Dira. Dari hasil penelitian ternyata 80-90% rosella berhasil meningkatkan antibodi tubuh ditandai dengan peningkatan aramada makrofag di hati dan limpa (Makrofag berasala dari monosit berfungsi untuk memakan sel-sel bakteri) dengan bertambahnya armada jadinya tubuh lebih tahan terhadapa serangan bakteri.

Wuahhpan ...udah ngatuk sekian dulu deh cuap-cuap tentang Farmasinya, harapan gw semester 3 mabim tahun ini sukses dan tercapai tujuannya (gw Ponya lohh..hehehe Get Ready! ) terus IP naik (Amien) Loving Pharmacy more and more, diberikan kekuatan dan selalu diberikan yang terbaik oleh Allah SWT...Semangat Yooo!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar