21 April 2010

Skeleton oh Skeleton

            13.30, gw sekarang lagi browsing di UPP, FMIPA UI. Di sini lu akan menemukan hampir seluruh komputer terisi sama mahasiswa, khusunnya farmasi yang sedang mengerjakan Skeleton. Apaan tuh Skeleteon? . Skeleton adalah singkatan dari student center e learning beta. Si Skeleton ini adalah adik dari Scele, yang katanya lebih canggih dari sang kakak.Skeleton dengan domain skeleton.ui.ac.id merupakan sarana yang disediakan oleh pihak UI bagi mahasiswa dan dosen dalam melaksanakan tugas-tugas perkuliahan, dengan tujuan mempermudah komunikasi melalui forum dan menghemat waktu dan kertas melalui post dan pre test yang diadakan secara online.

Berikut contoh muka si Skeleton :
             Skeleton ini ditujukan untuk semua fakultas di Universitas Indonesia, namun yang secara aktif menggiatkannya baru Fasilkom, Fmipa, dan FT. Fmipa pada khususnya dari dekanannya sangat menggalakan si Skeleton ini. Setiap mata kuliah dasar wajib yang dimiliki semua jurusan Fmipa seperti; Matematika dasar, Fisika dasar, Kimia dasar, dan biologi umum memiliki masing-masing 1 pre dan 1 post test. Bayangkan setiap mahasiswa harus mengerjakan 8 post dan pre test tiap minggunya, dari senin sampai jumat.


           Kalau dipikir-pikir si Skeleton banyak manfaatnya juga karena mahasiswa dituntut untuk selalu mengulang materi, menghemat kertas dan waktu, namun kerugiannya adalah internet yang kadang kala error sehingga bila suatu ketika sedang mengerjakan skeleton dan lampu mati atau sambungan internet rusak bisa nol nilai yang kita dapatkan, secara mahasiswa hanya diperkenankan untuk melakukan 2 kali uji coba dengan waktu 20 menit untuk kimia, 30 menit untuk fisika dan kimia.
Jadi apakah kita hanya menggerutu atau tetap mengerjakan Skeleton, it's all depend your choice .

2 komentar: